Strategia Della Tensione

freda-false-flag

Salah satu risalah militer paling berpengaruh saat era perang dingin bisa jadi adalah risalah On War buah karya Carl von Clausewitz.

Dalam salah satu bab buku ini Carl von Clausewitz dengan runut menggambarkan dampak psikologis dan sosiologis masyarakat bisa mempengaruhi tujuan militer sebuah negara.

Jika diciptakan sebuah ketakutan massal, ketegangan yang menghantui dan kecemasan akut yang mengancam keamanan diciptakan dalam sebuah tatanan masyarakat, maka secara tidak langsung psikologis masyarakat akan lebih mudah di arahkan pada tujuan tertentu. Dan solusi atau kebijakan dari ketakutan massa ini adalah strategi yang sebenarnya sudah dipersiapkan sebelumnya.

Maka ujung dari kondisi kekacuan yang diciptakan biasanya bisa di runut dari ujung nya, kejadian besar apa yang muncul atau kebijakan apa yang dilahirkan dari kondisi ini.

Beberapa dekade lalu, italia di rundung ketegangan. Teror bom menggejala tanpa bisa di hindari. Rezim berkuasa menuding orang orang kiri sedang menghelat teror akbar untuk menundukan italia. Baru dikemudian hari terungkap bahwa rezim berkuasa dan beberapa aparat terlibat dalam teror yang ternyata mereka lakukan pada rakyatnya sendiri untuk membendung ideologi kiri.

Petinggi militer jepang Kolonel Kingoro Hashimoto pernah membuat gempar jepang. Di tahun 1931 sebuah ledakan kecil di jalur kereta terjadi dan jepang menuding china sebagai pelaku, hingga akhirnya tragedi ini menjadi legalisasi invasi manchuria. Dan akhirnya Kolonel Kingoro mengakui bahwa peledakan itu di lakukan militer jepang sendiri bukan china.

Di tahun 1940an, migrasi besar besaran yahudi terjadi menuju palestina. Yahudi yang kala itu diperlakukan sebagai sampah oleh pemerintahan nazi berbondong-bondong menuju palestina via jalur laut. Tapi 5 kapal besar pengungsi di ledakan oleh Defenders of Arab Palestine, kelompok fiktif yang diciptakan oleh intelejen MI6 inggris. Terungkap setelah laporan2 intelejen mereka dibuka untuk publik dan diterbitkan dalam sebuah buku.

Israel pun pernah melakukannya, meledakan bom di beberapa tempat di mesir di era 1950an dan meninggalkan bukti bukti yang mengarah pada orang orang arab sebagai pelaku. Sampai akhirnya salah satu bom meledak sebelum waktu yang ditentukan dan terkonfirmasi oleh keamanan mesir bahwa israel lah dalang di balik teror itu.

Di dalam negeri sendiri, bagaimana PKI menyingkirkan masyumi adalah rangkaian panjang strategy of tension dan operasi false flag mereka. Hingga akhirnya semaun mampu membujuk soekarno untuk membubarkan masyumi.

Masyarakat yang dibesarkan dengan pola pikir linear cenderung mengandalkan apa yang ia lihat untuk menilai sebuah situasi tanpa berpikir mendalam. Sedangkan mereka yang mempunyai pola pikir berbeda seringkali di angggap punya penyakit delusional akut, klan remason, penggemar teori konspirasi dan bla bla bla.

Ketakutan yang diciptakan, “negara dalam kegentingan”, war on teror, jika mereka membaca sejarah, niscaya benderang lah semua, tak ada yang terjadi begitu saja dan betapa mahal harga dari sebuah “kebetulan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: